Minggu, 05 Oktober 2008

Periksa Kata - Program Spell Checker Gratis Untuk Bahasa Indonesia

Periksa KataKetika menulis suatu artikel, tentunya kita ingin tulisan yang dibuat ditulis dengan benar. Tetapi namanya juga manusia , meskipun sudah diteliti berkali-kali terkadang masih ada saja yang salah tulis, yang menjadi “yng”, gambar menjadi “agmbar” dan kesalahan tulis lainnya. Jika menulis dengan bahasa inggris mungkin terbantu dengan fitur spell checker milik Microsoft Word, yang bisa membetulkan kesalahan yang kita buat. Lalu bagaimana jika menulis dengan bahasa Indonesia ?

Meskipun Microsoft Word dan aplikasi Office lainnya tidak mendukung spell checker untuk bahasa Indonesia, ada orang Indonesia yang berbaik hati membuat program spell checker gratis untuk bahasa Indonesia. Nama programnya Periksa Kata. Programnya cukup sederhana, hanya ada tiga tombol Buka untuk membuka file, Periksa untuk memeriksa file dan Simpan untuk menyimpan file yang telah diperiksa.

Periksa Kata

Meskipun Periksa Kata hanya dapat membuka file RTF dan TXT, tetapi kita bisa memeriksa artikel yang ditulis dengan Microsoft Word dengan cara meng-copy dari Word ke Periksa Kata. Tenang saja semua format huruf dari Word tidak akan berantakan ketika di Paste lagi, hebat kan !

Periksa Kata bisa mengecek yang memiliki imbuhan seperti memungkinkan, kesalahan, dan kata-kata berimbuhan lainnya. Jika ditemukan Periksa Kata akan memberikan daftar kata yang mungkin cocok untuk menggantikan kata yang salah. Alogritma program ini sangat bagus sehingga kata-kata yang diberikan sebagai solusi sangat mendekati kata yang benar.

Download Periksa Kata

Tidak ada komentar: