Senin, 21 Juli 2008

ACE, Format Kompresi File yang Mantap

Kalau anda pernah melakukan download atau menerima kiriman email berisi file berekstensi .ace, jangan buru-buru menuduhnya sebagai virus.

Ace adalah salah satu format kompresi seperti ZIP, RAR, LHA dan sebagainya. Dibandingkan dengan format-format kompresi tersebut, memang format kompresi ace masih terbillang baru.

File berekstensi .ace bisa dibuka (diekstrak atau didekompres) menggunakan program WinACE atau WinRAR, namun hanya dapat dibuat (dikompres) menggunakan WinACE. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ace Compresion Software . WinACE (versi terbaru saat ini adalah versi 2.6) secara keseluruhan memiliki nilai tes yang lebih baik dibanding dengan sesepuhnya, yaitu WinZIP 9.0. Hal ini sangat beralasan mengingat kompatibilitasnya dengan tipe file hasil kompresi lain, serta kemampuannya melakukan kompresi file dengan beberapa tipe seperti .ace, .zip, .ms-cab, .rar, .jav-jar, password encription dll.

Ketika PC Media melakukan kompresi terhadap sebuah file data sebesar 50,3 MB, didapat hasil file kompresi bertipe .ace sebesar 14,3 MB dengan waktu proses 28 detik, 88 milidetik. Dilihat dari segi rasio kompresi, ini lebih baik dibandingkan program-program kompresi lain, meskipun kecepatan kompresi masih sedikit lebih lambat daripada WinZIP.

"Because Sometimes Size Does Matter ", demikian semboyan yang dapat dibaca di situs www.winace.com. Memang utilitas kompresi file winACE terbukti bisa membuat kompresi file yang lebih kecil daripada pesaing-pesaing mereka seperti WinZIP dan WinRAR.

Program WinACE dapat berjalan pada Windows 9x/Me/NT/2000/xp/(vista nda tau blum coba), dan berlisensi Shareware dan dapat di-download melalui situs www.winace.com.

Tidak ada komentar: