Selasa, 23 September 2008

Memulai Bisnis Trading Forex

Banyak orang awam yang masih bingung bagaimana harus memulai pertama kali di bisnis trading forex, sedikit tips dari saya bagaimana untuk memulai trading forex :

1. Mengetahui broker untuk bergabung, misalnya seperti www.marketiva.com, www.gainscope.com , www.forextiva.com , www.easy-forex.com , www.fxcm.com dan masih banyak lagi broker forex online di internet.

2. Setelah mengetahui tentang brokernya sekarang harus mempunyai rekening internet seperti di www.e-gold.com , www.e-bullion.com , www.libertyreserve.com

3. Setelah itu anda bisa melakukan penukaran uang anda agar bisa di gunakan di trading forex ke moneychanger yang terpercaya seperti www.indochanger.com , www.sentraegold.com dan www.tukarduid.com semuanya cepat dan aman , saya sudah menggunakan fasilitas ini sejak 2006

4. Anda bisa beljar tentang indikator , chart atau hal - hal yang berhubungan dengan forex di www.belajarforex.com dan www.babypips.com

5. Sebaiknya anda memulai dengan virtual money atau demo account dahulu , biasanya setiap broker menyediakan fasilitas ini, fungsinya untuk membiasakan anda dengan menu - menu di dalam platform trading broker tersebut selain itu juga fungsinya agar anda tidak menghabiskan uang real dengan cepat.

6. Belajar untuk manajemen uang misalnya membatasi kerugian dan keuntungan sehingga anda tidak menghabiskan uang anda dengan sekali trading, manajemen emosi usahakan anda merelakan kerugian yang ada dan tidak berusaha untuk balas dendam serta membatasi keuntungan agar tidak menjadi serakah, manajemen waktu sebaiknya trading di waktu - waktu yang tepat dan tidak selalu duduk di depan komputer 24 jam hanya untuk menunggu pergerakan harga, coba jam 6 - 10 pagi di posisi YEN , coba jam 1 - 5 sore di GBP dan EUR dan coba juga jam 7 - 11 malam di USD , paling tidak anda masih ada waktu untuk sosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.

7. Jangan malu untuk belajar dengan orang lain paling tidak bisa menambah pengetahuan anda tentang forex walaupun anda tidak suka orangnya.

8. Jika sudah mahir jangan lupa daratan, diatas langit masih ada langit.

Selamat mencoba.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya sudah 5 tahun bermain di dunia forex.
Yang paling menyebalkan dan tidak bertanggung jawab adalah AVAFX.
Saya membuka rekening di AVAFX karena adanya moeslem account yang memungkinkan kita menggantung transaksi selama beberapa hari tanpa dikenakan biaya (swap).

Kejadian pertama bulan lalu sewaktu saya bermain di transaksi Crude Oil. Saya melakukan posisi hanging pada saat akan adanya New Contract Price. Seharusnya dengan posisi hanging (sepasang transaksi sell dan buy) tidak akan mengubah posisi equity. Tapi apa yang terjadi? Mereka menutup kedua posisi saya dan mengenakan SWAP. Padahal seharusnya rekening saya bebas SWAP. Saya berpikir, mungkin ada aturan khusus untuk transaksi Crude Oil. OK, kejadian ini saya terima untuk dijadikan pedoman di waktu yang akan datang.

Kali ini kejadian kedua pada tanggal 16-17 Februari 2009.
Saya kembali membuat posisi hanging pada tanggal 16 Februari 2009 sekitar jam 6 subuh WIB terhadap mata uang USD/CAD tanpa order trailing stop ataupun limit. Pada tanggal 16/02/2009 jam 13.30 WIB saya sudah meninggalkan rumah untuk terbang ke jakarta, dengan kondisi rumah kosong dan terkunci. Artinya tidak ada orang yang bakal bermain2 dengan account saya di AVAFX.
Apa yang terjadi?
Pada tanggal 16/02/2009 jam 20:30:25 WIB salah satu posisi (USD/CAD buy) diclose entah oleh siapa. Yang jelas saya curiga pelakunya adalah pihak AVAFX karena :
1. Saya hanya mengakses account dari rumah dan di rumah saya tidak ada siapapun alias kosong.
2. Kecenderungan harga USD/CAD naik, sehingga dengan ditutupnya posisi USD/CAD buy maka mereka akan dapat meraih seluruh equity yang ada di account saya dengan alasan margin call.
Sungguh2 cara bisnis yang sangat kotor.

Selain di AVAFX saya masih mempunyai account di perusahaan forex lain yang berbasis di New York dan sampai sekarang tidak ada masalah.

Jian's Blog mengatakan...

Pertama-tama saya merasa prihatin sekali terhadap apa yang telah menimpa Ibu Lucy. Semoga Ibu Lucy mendapat kesabaran dan pengalaman yang semakin kokoh lagi.

Sebelumnya apakah password account yang diberikan, Ibu yakin tidak ada yang mengetahui selain Ibu Lucy? Apakah Ibu Lucy sudah mengubah password account sebelumnya? Jika itu semua sudah Ibu lakukan, maka hal tersebut menjadi informasi baru sebagai pelajaran dan warning terhadap kita semua supaya lebih berhati-hati lagi di dalam memilih broker.

Terima kasih buat info dan pengalamannya dari Ibu Lucy.

Regard,